Sabtu, 02 Juli 2022

PECAH TELOR SCOPUS ITU NIKMATNYA SEPERTI PENGANTIN BARU

 

Rabu, 29 Juni 2022, pukul 4.32 sore, saya mendapat email dari jpukm@ukm.edu.my perihal Letter of Acceptance (LoA) salah satu artikel kami yang berjudul Exploring Coopetition in the Lowest Level of Bureaucracy: Competition and Cooperation in Indonesian Village Indexes. Artikel ini kami susun berdasarkan skema Penelitian Hibah Lektor Kepala Universitas Brawijaya Tahun Anggaran 2019. Ketika itu penelitian ini kami laksanakan sekitar pertengahan tahun 2019 berbarengan dengan penelitian disertasi saya di Kabupaten Ngawi. Jadi ceritanya waktu itu “ngiras-ngirus”, “sambil menyelam minum air”. Sambil penelitian disertasi, sambil juga penelitian hibah. Tim kami terdiri atas dosen co-promotor saya, saya sendiri, dan salah satu mahasiswa program S2 di FIA UB. Meski mahasiswa S2 beliau ini sangat cerdas dan cekatan sangat cocok menjadi peneliti maupun dosen. Dan memang beliau salah satu staf di Laboratorium Governance FIA UB.

Pada perjalanannya untuk menulis dan menyusun artikel ilmiah ini kami sangat serius, kami lakukan diskusi beberapa kali setidaknya ada 5 kali diskusi di ruang lab. Hanya kami bertiga, dan selama diskusi banyak sekali temuan kami setidaknya kami menyadari bahwa artikel yang kami susun itu “less of data” (kami merasakan seperti itu sih), akan tetapi dapat diatasi dengan beberapa temuan yang ada pada penelitian disertasi saya.

Artikel ini beberapa kali mengalami penolakan (rejection) dari beberapa jurnal ilmiah Q2, alasan utama dari penolakan itu rata-rata karena “less of data” persis seperti yang kami rasakan pada saat akhir meeting. Namun co-promotor saya tidak menyerah, beliau berusaha untuk mengalihkan ke jurnal lain yang mungkin sesuai dengan tetap memperbaiki kekurangan yang ada, sekaligus memperbaiki tata bahasa melalui proofreading.


     Alhamdulillah, Hari Jumat, 1 Juli 2022, pukul 23.44 saya mendapat kabar dari co-promotor saya bahwa artikel tersebut telah terbit. Saya langsung sujud syukur, saya langsung WA dan telpon kedua orang tua untuk menyampaikan kabar bahagia tersebut. Saya sampaikan terima kasih atas doa restunya selama ini. Artikel ini menjadi sangat penting bagi saya karena bisa menjadi syarat untuk ujian akhir disertasi. Meski saat ini saya pun sedang proses submit untuk artikel yang lain dalam rangka memenuhi syarat tersebut. Tapi ini adalah bonus yang sangat berarti bagi saya “pecah telor scopus”. Alhamdulillah Ya Allah.

 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda